'/> Pengertian Atau Apa Itu Penemuan ?

Info Populer 2022

Pengertian Atau Apa Itu Penemuan ?

Pengertian  Atau Apa Itu Penemuan ?
Pengertian  Atau Apa Itu Penemuan ?
Belajar Berinovasi
Visiuniversal--Para GTK PAUD dan Dikmas, Guru Tenaga Kependidikan Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat. yang akan mengikuti aktivitas Lomba Apresiasi GTK PAUD dan Dikmas Berprestasi Tahun 2016. Dalam beberapa jenis lomba di tekankan pada aktivitas yang sifatnya inovasi, termasuk penemuan media dan penemuan pembelajaran dalam PAUD dan Dikmas.

Apa itu Inovasi ?

Kenyataannya masih banyak para Guru, Pendidik dan tenaga kependidikan yang masih resah dan belum memahami seutuhnya perihal penemuan yang dimaksud. 

Menurut pengertiannya Inovasi ialah sebuah proses pembaruan dalam unsur kebudayaan masyarakat, yakni teknologi. Inovasi berarti penemuan gres dalam teknologi manusia. Dalam pengertian yang lain, penemuan juga sanggup didefinisikan sebagai kemampuan untuk memperkenalkan hal-hal gres atau temuan gres yang berbeda dari yang sudah ada atau sudah dikenal sebelumnya. Orang yang melaksanakan penemuan disebut inovator. Sesuatu hal yang inovatif haruslah berguna bagi sang inovator atau orang lain. 

secara umum, penemuan dibedakan atas penemuan yang terjadi alasannya sengaja (invention) dan penemuan yang terjadi tanpa disengaja (discovery). Invention ialah proses munculnya suatu hal gres dari kombinasi hal-hal usang yang telah ada. Sedangkan, discovery ialah penemuan hal baru, baik berupa alat ataupun gagasan. Discovery sanggup menjadi invention jikalau masyarakat sudah mengakui, menerima, dan memanfaatkan hasil penemuan tersebut.

 Guru Tenaga Kependidikan Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat PENGERTIAN  ATAU APA ITU INOVASI ?
Inovasi Motor Gas Tabung 3 Kg ???
Dari pengertian di atas sudah terang bahwa penemuan itu sifatnya pembaruan dan merupakan penemuan hal-hal gres yang berguna baik bagi inovator atau pun orang lain yang sanggup memanfaatkan hasil penemuan tersebut. Tetapi kesalahan pemahaman yang selama ini terjadi khususnya pada GTK PAUD dan Dikmas, ialah menganggap penemuan hanyalah sesuatu yang benar-benar gres yang sebelumnya tidak ada ditemukan orang lain, sampai kita menjadi kesusahan untuk memilih dan menciptakan penemuan tersebut. Sebenarnya penemuan sanggup praktis jikalau merupakan hasil dari:

1. Subtitution (Mengganti)

2. Combination (Menggabung/ mengkombinasi)

3. Adaftation (Mengadaptasi atau penyesuaian)

4. Modification (modifikasi)


Sebuah hasil karya tulis atau karya konkret sanggup juga dikatakan merupakan penemuan jikalau sebagai hasil dari proses ke empat hal di atas; Subtitution, Combination,  Adaftation, Modification .

Demikian pengertian ringkas dari pengertian perihal Inovasi, agar artikel ini berkhasiat. Terimakasih,
Advertisement

Iklan Sidebar