Visiuniversal---Warga mencar ilmu dan siswa sekalian, hampir tiruana orang sudah punya yang namanya Facebook, kalian tentunya masih ingat warna dan lambang dari jejaring sosial Facebook, Raksasa media umum Facebook selalu serupa dengan warna biru. Warna ini meliputi semuanya hampir tiruana antar muka jejaring sosial terbesar dan terbanyak penggunanya di dunia itu.
Namun, pernahkah kalian memikirkan kenapa yang dipilih warna biru, bukan warna yang lain?
Ternyata alasannya sangat sederhana. Pendiri sekaligus CEO Facebook, Mark Zuckerberg, ternyata buta warna merah dan hijau.
Jadi, Zuckerberg melihat warna biru yaitu warna yang terbaik baginya.
"Saya bisa melihat tiruana warna biru," katanya dalam sebuah wawancara dengan The New Yorker.
Mungkin tpendapatan Zuckerberg tidak terlihat ilmiah. Namun berdasarkan penelitian pemilihan warna memengaruhi emosi tertentu bagi orang yang melihatnya. Warna-warna, termasuk biru, bisa memengaruhi keputusan seseorang dalam membeli sebuah produk atau jasa.
Terludang keringh lagi, indera penglihatan yaitu indera yang paling berkembang sangat berpengaruh pada sebagian besar manusia. Ini yaitu hal masuk akal mengingat 90 persen pepenilaianan untuk mencoba suatu produk dibentuk berdasarkan warna.
Begitu juga dengan warna biru. Warna ini memmemberikankan kesan tenang, kredibel, dan bisa dihebat dan luar biasakan. Selain Facebook, warna biru banyak digunakan oleh sejumlah perusahaan dikenal dan banyak digunakan lainnya untuk logo mereka.
Namun, pernahkah kalian memikirkan kenapa yang dipilih warna biru, bukan warna yang lain?
Ternyata alasannya sangat sederhana. Pendiri sekaligus CEO Facebook, Mark Zuckerberg, ternyata buta warna merah dan hijau.
Jadi, Zuckerberg melihat warna biru yaitu warna yang terbaik baginya.
"Saya bisa melihat tiruana warna biru," katanya dalam sebuah wawancara dengan The New Yorker.
Mungkin tpendapatan Zuckerberg tidak terlihat ilmiah. Namun berdasarkan penelitian pemilihan warna memengaruhi emosi tertentu bagi orang yang melihatnya. Warna-warna, termasuk biru, bisa memengaruhi keputusan seseorang dalam membeli sebuah produk atau jasa.
Terludang keringh lagi, indera penglihatan yaitu indera yang paling berkembang sangat berpengaruh pada sebagian besar manusia. Ini yaitu hal masuk akal mengingat 90 persen pepenilaianan untuk mencoba suatu produk dibentuk berdasarkan warna.
Begitu juga dengan warna biru. Warna ini memmemberikankan kesan tenang, kredibel, dan bisa dihebat dan luar biasakan. Selain Facebook, warna biru banyak digunakan oleh sejumlah perusahaan dikenal dan banyak digunakan lainnya untuk logo mereka.
Perusahaan-perusahaan menyerupai Dell, AT&T, Twitter, IBM, HP, sampai Vimeo memakai warna biru dalam logo mereka.
Selain logo, internet juga memakai warna biru sebagai warna utama hyperlink di sebagian besar website. Namun pemilihan warna biru ini sama sekali berbeda dari alasan di atas.
Tim Berners-Lee, penemu utama web, diyakini menjadi orang yang pertama kali menciptakan hyperlink berwarna biru. Mosaic, nenek moyang peramban web, hanya bisa menampilkan halaman web dengan latar belakang abu-abu di teks hitam.
Itulah warna paling gelap yang tersedia pada ketika itu dan masih bisa dibedakan dengan memakai teks warna biru. Oleh sebab itu, untuk membedakan hyperlink dengan teks biasa dipilihlah warna biru, sehingga nyaman ketika dibaca.
Semua ini menjadi sangat menarik bahwa hanya mengubah hal yang kecil menyerupai warna bisa menghasilkan sesuatu yang besar.
Demikianlah para siswa dan warga mencar ilmu sekalian, mengapa warna biru menjadi pilihan facebook sebagai icon dari warna antar muka mereka. agar memberi manfaat. terimakasih.
Sumber: Huffingtonpost.com
Advertisement